KEUNIKAN BANGUNAN ITB (Part 1)

KEUNIKAN BANGUNAN DI ITB

ITB mempunyai beberapa keistimewaan yang mungkin mahasiswa yang telah menempuh pembelajaran selama dua tahun,seperti halnya saya,masih tetap terpesona olehnya. Salah satu daya tariknya adalah pada letak dan bentuk bangunan kuliah dan civitas ITB. Bahkan,ada beberapa pendapat dari para mahasiswa yang menyatakan bahwa setiap bangunan di ITB mempunyai perencanaan yang matang dan mempunyai maksud tersendiri dalam setiap pembangunannya.

itb-51

Yang pertama,adalah bentuk kampus ITB secara keseluruhan.Dalam foto yang merupakan ‘peta batu’ karya fakultas SAPPK (Sekolah Arsitektur dan Perencanaan dan Pembangunan wilayah Kota) seperti yang ditunjukkan di bawah ini, dapat dilihat bahwa beberapa bangunan di ITB mempunyai keunikan tersendiri jika dilihat dari atas.

Bentuk bangunan yang dilihat dari atas ini ada yang salah satunya sering disebut sebagai keajaiban bangunan ITB. Dari ‘peta batu’ ini saja kita bisa melihat bagaimana bentuk perpustakaan umum,Sabuga (Sasana Budaya Ganesha), Saraga (Sarana Olahraga Ganesha) dan banyak bangunan lain yang mempunyai bentuk tersendiri yang unik bila dilihat dari atas.

abuga,sebagai tempat yang sering diadakan acara-acara besar baik dari pihak internal ITB maupun luar ITB, mempunyai bentuk seperti helm ‘khas’ engineer. Jika dilihat secara keseluruhan,di sebelah kanannya terlihat adanya ‘martil’ khas engineer juga.

Pada perpustakaan umum ITB yang berada didekat gerbang bagian belakang ITB, banyak mahasiswa mengatakan bahwa bentuknya menyerupai jejeran buku. Tetapi hal itu hanya akan terlihat dari atas atau menggunakan citra satelit. Sayang sekali saya masih belum bisa mendapatkan hasil citra satelit tersebut. Tetapi bentuk perpustakaan ini juga merupakan salah satu keUNIKan bentuk bangunan di ITB.

perpus

Dari ‘peta batu’ dan foto yang telah di tunjukkan dapat dilihat beberapa bangunan simetris dari pembangunan ITB. Bangunan yang berada di tengah atau dapat disebut ‘jalan utama’ ITB khususnya.

Kesimetrisan dapat terlihat di empat labtek yang membelah bagian tengah ITB yaitu Labtek V,VI,VII,VIII  yang mempunyai pondasi dan bentuk bangunan yang serupa. Yang paling miris adalah terdapat plakat yang menempel di gedung labtek tersebut yang menujukkan bahwa gedung ini bukan asli ‘made by Indonesian’.

dcp_0064

Selanjutnya,terdapat bagian dari bagian jalan utama ITB ini akan menggugah sedikit rasa nasionalis kita,yaitu adanya kolam ITB beserta peta Indonesia yang terukir di dasarnya. Ukiran peta tersebut selalu terlihat karena manjemen ITB yang mempunyai terjadwal dalam pembersihannya. Didalamnya terdapat dua air mancur. Satu air mancur besar yang berada di tengah-tengah ITB dan air mancur kecil yang menunjukkan letak Bandung di Indonesia.

Tetapi yang paling menarik berada di sebelah dari ‘kolam Indonesia tenggelam’ tersebut. Terdapat satu parit kecil yang sekilas mungkin akan diacuhkan banyak orang yang melewatinya. Jika diperhatikan,akan terlihat titik-titik hijau dan biru yang menghiasi parit tersebut. Titik ini bukan sembarang titik,tetapi merupakan titik partitur Indonesia Raya, lagu kebangsaan kita. Saya mengetahuinya bahkan dari salah satu anggota PSM (Paduan Suara Mahasiswa) ITB.

dcp_00631

Dari pengetahuan tersebut, tentu saja saya sebagai penyimak pada awalnya tertarik sekali untuk mengetahui bagaimana sebenarnya ITB itu terbangun dan apa tujuan dibangun setiap bangunannya seperti itu. Tetapi terbatas kepada kemampuan dan kekurangan lain, saya hanya akan memberikan seperti halnya ingin mengajak anda travelling atau sekedar tahu saja.

Advertisements

3 Comments »

  1. lutphi Said:

    hihihi,,
    bagus ya klu di photo tu
    tapi emang bagus klu diliat-liat

    awkmu sek ikut unit yang katamu dulu iku ta?
    tambahin dunk artikelnya 😀

    waa,,kangen itb
    pengen ksana,,

  2. clara valentina Said:

    permisi……….
    saya ellen…
    anak angkatan 2005 arch Brawijaya kota malang…

    begini…

    waduh… jadi berasa serius…

    saya membutuhkan komentar anak2 ARS ITB dari berbagai angkatan mengenai gedung perkuliahan arsitektur… terutama mengenai ruang dalamnya… tata ruangnya…. karena saya sedang mengambil judul skripsi “PENGARUH TATA RUANG DALAM GEDUNG PERKULIAHAN ARSITEKTUR ITB PADA PERILAKU MAHASISWA” begitu…

    bagaimana menurut kamu….
    bisa bantu saya tidak????

    terima kasih sebelumnya….

    • bepewe Said:

      wii,da lagi ternyata yang komen,maaf baru bales,saya disini sebenarnya ga ada hubungannya ma arsi ITB jurusan teknik kelautan,tapi emmang tertarik dgn bangunan ITB yang ternyata ga ‘asal bangun’. tapi komen sebelumnya dari anak arsi tuh,monggo dicoba nanya,,oka? maaf2 ga bs bantu…


{ RSS feed for comments on this post} · { TrackBack URI }

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: